resume materi : Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas


 Oleh : Ema Umiyyatul Chusnah, S.T., M.M.Pd - Komisi IV DPR RI

negara itu bisa bubar kapan pun, oleh karena itu butuh pondasi yang kuat untuk negara. 

badan pusat statistik nenyebutkan bahwa indonesia sedang menerima bonus demografi dengan besarnya jumlah penduduk.

tantangan yang dihadapi oleh indonesia dalam mempersiapkan bonus demografi. salah satunya adalah masuknya paham radikalime dan ideologi anti pancasila di indonesia. 

yang harus dilakukan yaitu menggali kembali makna nilai nilai dari pancasila sebagai pondasi dan semangat awal untuk memerangi radikalisme dan menuju indonesia emas 2045.

selain itu, pendalaman karakter manusia indonesia yang berdasarkan pada nilai nilai pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menangkal paham paham radikalisme. 

pada hakikatnya, pancasila sebagai paradigma pembangunan nasion mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencermikan nilai nilai pancasila. 

pancasila sebagai konfigurasi budaya bangsa merupakan nilai nilai budata inti, yang harus dijabarkan dan dikembangkan dalam sejumlah nilai dan pranata sosial sejalan dengan perkembangan masyarakat, kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan.

kelima nilai nilai inti secara terpadu menjadikan rujukan dalam perkembangan pranata sosial dan pola tingkah laku segenap warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif. 

nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dalam meneguhkan dan menyebarkan pemahaman aswaja sebagai pilar penguatan adaptasi, integrasi, percapaian tujuan dan pemeliharaan tatanan sebagai bangsa yang berdaulat. dalam mengimplementasikan nasionalisme kemanusiaan, nahdlatul ulama menerapkan prinsip dasar yaitu tawazun, tasamuh, tawasut, dan itidal dalam berbagai sektor kehidupan berbangsa dan bernegara. 

link teman saya :  https://lutfiatulj51.blogspot.com/2023/09/resume-materi-pancasila-sebagai-dasar.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MENGENAI SDGs

My Holiday

ARTIKEL MENGENAI PERAN DATA KEPENDUDUKAN BAGI MASALAH KESEHATAN TERTENTU