resume materi PKKMB Fakultas Kesehatan


Materi pertama Oleh : Merry Sunaryo, S.KM.,M.K.K.

Judul : Mahasiswa 

mahasiswa adalah seseorang yang tengah menimba ilmu atau belajar dan terdaftar pada salah satu bentuk perguruan tinggi, yang terdiri dari akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, hingga universitas.

Sifat yang harus dimiliki oleh mahasiswa

1.     Berpikir kritis Mahasiswa perlu tahu bahwa ada perbedaan saat kamu masih SMA dan sudah kuliah. Mahasiswa perlu daya kritis dan nalar. Sebagai seorang mahasiswa, tidak hanya sekadar tahu tentang suatu informasi tapi juga harus mampu menganalisis secara mendalam.

2.     Mandiri Sebagai seseorang yang sudah dewasa, mahasiswa dituntut menjadi pribadi yang mandiri. Apalagi jika kamu memutuskan kuliah jauh dari rumah, tentunya kemandirian ini harus dimiliki karena harus jauh dari orangtua dan keluarga.

3.     Pintar berkomunikasi Saat kuliah, kamu akan bertemu banyak orang dengan berbagai karakter. Sebagai mahasiswa baru kamu perlu pintar berkomunikasi dan membawa diri. Mahasiswa juga harus terbiasa menyampaikan pendapat. Saat presentasi misalnya, kamu harus belajar menguraikan dan menyampaikan sebuah materi kepada mahasiswa lainnya. Saat kuliah, kamu bisa belajar untuk berdebat, berargumentasi, dan mempertahankan pendapat.

4.     Kreatif Kreativitas merupakan sifat berikutnya yang harus dimiliki mahasiswa. Melalui kreativitas, mahasiswa dituntut untuk bisa mengubah kesulitan menjadi peluang.

5.     Peduli Hal penting yang harus dimiliki saat menjadi mahasiswa adalah sikap peduli. Tak hanya pada diri sendiri, tetapi juga lingkungan sekitar, dan bahkan kondisi bangsa. Sikap peduli ini turut mendorong daya kritismu. Lebih dari itu, kamu pun akan berusaha bergerak mencari solusinya.

6.     Percaya diri Sikap ini penting dimiliki setiap orang, termasuk mahasiswa dan pelajar. Dengan rasa percaya diri yang baik, kamu akan lebih mudah menjalin komunikasi. Tak ada lagi sikap minder dan kamu merasa setara dengan orang lain.

7.     Mudah beradaptasi Saat menjalani perkuliahan, kamu akan bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang. Saat itulah kemampuan beradaptasi dibutuhkan. Kamu akan belajar untuk menyesuaikan diri dengan tempat tinggal baru, karakter teman yang baru, hingga beradaptasi dengan peraturan di kampus dan lingkungan masyarakat.

Untuk sifat penting yang harus dimiliki seorang mahasiswa ialah attitude dan komunikasi. Bagaimana cara kita ber komunikasi dengan dosen, dngan kakak tingkat, itu merupakan hal yang harus diperhatikan sebagai seorang mahasiswa. Untuk attitude itu juga merupakan point yang sangat penting, bagaimana kita bersikap dengan dosen dan orang orang yang ada di dalam kampus.






Materi kedua Oleh : Yauwan Tobing Lukiyono, S.S.T., M.T.

Judul : Membangun Mahasiswa Menjadi Sense of Belonging Produktif dan Inovatif untuk Masa Depan Pendidikan


Sense of Belonging sendiri menjadi suatu kebutuhan dasar yang perlu dimiliki manusia, karena sense of belonging terkait dengan keadaan psikologis dan kesehatan mental, bahkan juga kesehatan fisik seseorang. Hal ini disebabkan karena sense of belonging atau rasa memiliki menjadi salah satu pondasi utama yang membentuk identitas diri seseorang dan juga mendorong seseorang untuk dapat termotivasi, agar dapat berpartisipasi dalam suatu kelompok tertentu.

 Contoh sense of belonging lain adalah dengan tidak mengganggu rekan kerja lain yang sedang fokus menyelesaikan tugasnya. Karyawan yang memiliki sense of belonging akan berdampak pada meningkatnya motivasi dan produktivitas kerja.

Sense of belonging dapat menjadi sebuah kunci untuk mencapai tujuan suatu organisasi, yang mana rasa memiliki tersebut menjadi penggerak bagi para anggotanaya untuk memiliki etos kerja yang tinggi, bekerja secara kreatif , professional , dan maksimal serta mendorong produktivitas kerja.


Pentingnya sense of belonging : 

1.     Salah satu pondasi utama untuk membentuk identitas seseorang

2.     Kebutuhan emosional yang mempengaruhi keseatan mental dan fisik.

3.     Sebagai penggerak

4.     Pengembang hubungan denfan orang lain.


Membangun sense of belonging : 

Membangun rasa percaya  dan komunikasi yang bagus antar mahasiswa satu dan lainnya

Samakan visi misi yang dituju antar mahasiswa dengan menguntungkan semua pihak

Proaktif dalam membangun budaya menghargai (inklusivitas)  bertujuan untuk membuat seseorang merasa tidak ada yang dibedakan

Menghadirkann benefits, tentu mahasiswa akan merasa senang akan lingkungannya apabila lungkingan tersebut memiliki benefitsmemba

 

Membangun rasa produktiv dan inovatif mahasiswa

1.     Komitmen dan keyakinan menjad mahasiswa yang sukses

2.     Percaya diri dan ketekunan

3.     Mengembangkan hard skill dan softskill

4.     Memanfaatkan fasilitas kampus

Manfaat memiliki sense of belonging : 

1.     Membentuk perilak positif

2.     Membentuk etos kerja yang baik

3.     Membentuk citra organisassi dan loyalitas

4.     Membuat bahagia dan mengurangi resiko kesehatan.








Materi ketiga Oleh : Muhammad Ilham Rizqi Dermawan, S.TR., KKK

Judul : Mewujudkan generasi Z yang siap bersaing mewujudkan generasi yang lebih baik

Jadilah pribadi yang menantang masa depan, bukan pengecut yang aman di zona nyaman.

Generasi Z adalah mereka yang lahir di tahun 1995-2012. Tumbuh di lingkungan yang serba digital membuat generasi ini tumbuh menjadi pribadi dengan karakteristik yang beragam, baik dari sisi hubungan internasional maupun akademis

 

KELEMAHAN GENERASI z

Terburu buru dalam mencapai sesuatu

Rentan kecanduan gadget

Emosi yang cenderung labil

Terlalu bergantung pada teknologi

Kurang disiplin dalam hal hal kecil.

 


Meskipun ada kekurangan, Generasi Z juga memiliki banyak kelebihan. Adapun beberapa kelebihan Generasi Z di antaranya adalah:

1. Teknologi dan Media Sosial

Mereka sangat fasih dengan teknologi dan media sosial, memungkinkan mereka untuk beradaptasi dengan cepat ke perubahan teknologi.

2. Nilai Keanekaragaman

Mereka merangkul keberagaman dan inklusi, membuat mereka lebih terbuka dan menerima perbedaan.

3. Peka terhadap Isu Global

Mereka sangat peduli terhadap isu-isu seperti perubahan iklim, kesetaraan gender, dan isu sosial lainnya.

4. Adaptif dan Resilien

Menghadapi perubahan cepat dalam teknologi dan tantangan global, Gen Z telah menunjukkan kemampuan untuk beradaptasi dan bertahan.

Generasi Z adalah generasi yang unik dan beragam dengan kelebihan dan kekurangan mereka sendiri. Dengan memahami lebih baik tentang mereka, kita dapat membantu mereka mencapai potensi mereka dan menavigasi tantangan yang mereka hadapi.


 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MENGENAI SDGs

My Holiday

ARTIKEL MENGENAI PERAN DATA KEPENDUDUKAN BAGI MASALAH KESEHATAN TERTENTU