resume materi PKKMB Prodi

 



materi satu : masa depan mahasiswa kesehatan masyarakat di era transformasi kesehatan
oleh : Kak Nadhir Wardhana Salama

kondisi pandemi covid 19 menyadarkan kita bahwa sistem kesehatan saat ini masih harus diperbaiki. kini, indonesia tengah mengupayakan transformasi kesehatan. salah satu pilarnya adalah digitalisasi kesehatan yang memungkinkan masyarakat untuk mengakses pelayanan kesehatan yang lebih luas dimana saja dan kapan saja. kemenkes sedang melakukan transformasi kesehatan melalui enam pilar, salah satunya adalah transformasi adalah transformasi sistem pembiyaan kesehatan. untuk itu, pemerintah berkomitmen dalam mengeluarkan regulasi pembiyaan kesehatan dengan tiga tujuan, yaitu tersedia, cukup, dan berkelanjutan. 

kata sehat yang dilihat oleh kesmas berbeda dengan kedokteran. 
kesehatan sendiri adalah keadaan seseorang baik secara fisik, jiwa, maupun sosial dan bukan sekedar terbebas dari penyakit untuk memungkinkannya hidup produktif.

salah satu upaya upya yang harus dimajukan ialah upaya preventif. upaya preventif adalah segala yang diupayakan untuk mencegah suatu hal terjadi.  

pada covid tahun lalu, keahlian kesmas mempunyai peran yang sangat besar, tidak hanya covid, tapi semyua tenaga kesehatan sangat membutuhkan tenaga kesmas untuk pecegahan.

bagaimana cara kita sebagai mahasiswa kesmas agar bisa maju' salah satunya dengan cara adaptasi terhadap lingkungan.









materi 2 : masa depan tenaga kesmas di kancah global
oleh : Ibu Ulfah Abqari


Kesehatan masyarakat (atau lebih khusus lagi, kesehatan masyarakat yang berorientasi pada pencegahan) mungkin merupakan komponen yang relatif kecil dalam sistem kesehatan mana pun dibandingkan, misalnya, dengan penyediaan layanan kesehatan kuratif di tingkat individu. Namun, fungsi inti kesehatan masyarakat dan kontribusi praktik kesehatan masyarakat terhadap sistem kesehatan mana pun merupakan hal yang penting agar sistem tersebut berfungsi secara efektif . Di bawah ini, kami menyoroti enam fungsi inti kesehatan masyarakat yang kami rasa mempunyai pengaruh paling luas terhadap efektivitas sistem kesehatan itu sendiri. Sistem kesehatan tentu saja rumit, dan kegiatan-kegiatan spesifik perlu mengatasi dan beradaptasi dengan konteks lokalNamun, kami percaya bahwa jika fungsi-fungsi ini diperkuat, maka hal ini akan memberikan dampak yang paling besar terhadap penguatan sistem kesehatan secara keseluruhan dan, oleh karena itu, mempunyai dampak yang paling besar terhadap kesehatan masyarakat. Fungsi-fungsi ini membentuk bidang-bidang investasi prioritas khusus yang dapat dan harus ditangani oleh CDC dalam mendukung upaya HSS global. 

Kementerian Kesehatan

CDC secara tradisional memandang Kementerian Kesehatan sebagai mitra dan mitra alaminya dalam upaya kesehatan global. Sebagai entitas yang pada akhirnya memiliki tanggung jawab dan kewenangan hukum untuk melakukan pengawasan, merespons wabah, menetapkan kebijakan dan pedoman kesehatan nasional, dan melaporkan secara resmi atas nama pemerintah pusat berdasarkan peraturan kesehatan internasional serta perjanjian dan kewajiban internasional lainnya, Kementerian Kesehatan yang kuat adalah yang paling penting. kontributor yang sangat penting dalam mencapai program kesehatan berkelanjutan, terutama di wilayah dengan sumber daya rendah. Memperkuat Kementerian Kesehatan melalui perbaikan infrastruktur dan sistem inti, pelatihan tenaga kerja, dan meningkatkan kemampuan manajemen dan kepemimpinan staf senior mereka, semuanya berkontribusi pada kemungkinan yang lebih besar untuk mencapai hasil kesehatan positif yang bertahan lama.







materi : masa depan tenaga kesehatan masyarakat untuk indonesia sehat
oleh : m. yoto S.KM, M.Kes. 
kesehatan masyarakat merupakan tenaga kesahatan yang berperan penting dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan menggerakkan pembangunan berwawasan kesehatam. hal ini didasarkan atas kewajiban utama tenaga kesehatan masyarakat bersama dengan tenaga kesehatan lainnya adalah untuk mengupayakan masyarakat agar hidup sehat dan sejahtera baik dari segi fisik. kita harus menjadi public health leader, berbicara tentang kesmas, dari jurusan ini sangat cocok untuk memuliakan bangsa dan negara. sehat adalah bagian dari ketahanan negara ini. 
jurusan kesmas adalah bagian dari menghemat anggaran negara. 











Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MENGENAI SDGs

My Holiday

ARTIKEL MENGENAI PERAN DATA KEPENDUDUKAN BAGI MASALAH KESEHATAN TERTENTU