resume materi : Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik


Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik

Oleh : Arief Abdurrahman, ST., M.T - Institus Teknolgi Sepuluh November

berpikir kritis atau critical thinking adalah kemampuan untuk mempertanyakan setiap aspek penting dalam suatu permasalahan. Ketika mempraktikkan kemampuan ini, kamu dituntut untuk menganalisis sebuah topik atau permasalahan secara objektif. Dengan begitu, hasil yang didapatkan tidak akan bias dan benar-benar berdasarkan fakta yang ada. Tidak hanya itu, kemampuan berpikir kritis juga membuatmu dapat memilah informasi yang penting atau tidak untuk memecahkan masalah. Berpikir kritis juga membantumu dalam membuat keputusan penting dalam berbagai aspek, mulai dari kehidupan, pekerjaan, hingga karier.


insan inlektual sepatutnya menjadi aktor utama dalam memberikan solusi nyata di tengah masyarakat Indonesia dan global. 

manfaat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, sebagai generasi muda, sebaiknya memiliki kemampuan berpikir kritis. tujuannya agar dapat mencari solusi terhadap suatu masalah, dan mengambil langkah yang tepat untuk memutuskan apa yang harus dilakukan. 

tahapan dalam berpikir kritis pada prinsipnya tahapan proses berpikir kritis meliputi memahami masalah, menganalisis masalah, merencanakan solusi, menarik kesimpulan, mengevaluasi solusi yang telah dibuat dan mencari alternatif lain dalam penyelesaian masalah.

berikut adalah cara untuk meningkatkan pemahaman tentang berpikir kritis : 
1. rumuskan masalah dengan jelas dan tepat untuk menemukan masalah utama
2. kumpulkan dan kaji informasi yang relevan
3. buat kesimpulan dan solusi yang masuk akal
4. ttap membuka pikiran untuk menemukan alternative solusi lainnya
5. berkomunikasi secara efektif dengan orang lain untuk menemukan solusi dari amsalah kompleks.

selain itu, seorang pemikir kritis memiliki 4 core skills. pertama dan kedua adalah curiosity and creativity yaitu keinginan untuk belajar lebih dalam mencari bukti serta terbuka untuk ide ide baru dan kemudian memiliki kreativitas ketika ide ide itu digabungkan dan menciptakan sebuah konsep atau pemikiran baru. ketiga adalah skeptisisme atau memiliki keraguan yang baik tentang informasi baru. sehingga tidak serta merta mempercayai semua informasi yang ditemkan. keempat adalah kerendahan hati. sikap bijak ketika mengetahui pendapat dan ide yang disampaikan salah satu dan perlu perbaikan. berpikir kritis harus diawali dengan niat, bahwa kita harus menjadi orang yang mampu memecahka masalah diri sendiri, keluarga maupun masyarakat. dan juga kita harus ber istiqomah terus menerus dalam hal kebaikan. 

 link teman saya : https://lutfiatulj51.blogspot.com/2023/09/resume-materi-strategi-menumbuhkan.html?m=1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MENGENAI SDGs

My Holiday

ARTIKEL MENGENAI PERAN DATA KEPENDUDUKAN BAGI MASALAH KESEHATAN TERTENTU