resume materi : Unusa dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka


Pengenalan Unusa

Oleh : Prof. Kacung Marijan, Drs., M.A., Ph.D. - Wakil Rektor I
Naufal Ilham Saputra - Finalis Mahasiswa Berprestasi Nasional 2023


ada pilihan yg lebih fleksibel untuk menggali kemampuan. orang yang berhasil adalah orang yang mampu menemukan dan menggali kompetensinya. kampus merdeka belajar ini merrupakan kebijakan menteri pendidikan dan kebudayaan, yang bertujuan untuk mendorong mahasiwa agar bisa menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk masuk ke dunia kerja. 

belajar di unusa tidak hanya berfokus pada satu prodi, tetapi juga untuk melihat prodi yang lain, oleh karena itu selain belajar di universitas nahdlatul ulama surabaya, bisa juga belajar di universitas lain. karena di unusa ini terdapat pertukaran mahasiswa di berbagai kampus. tujuan unusa sendiri agar bisa saling mengenal dan juga bersilaturahmi.

di unusa ini juga mencoba memberikan pengetahuan dan skill sosial untuk kita, sebab kemampuan ini akan membantu untuk berkomunikasi secara efektif dan efisien. dengan begitu dapat membangun , memelihara, serta menumbuhkan hubungan dengan orang orang yang baru kenal.

selain itu ada beberapa mata kuliah di unusa yang bisa membangun pengembangan karakter. dimana pengembangan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dadalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai nilai tersebut.

selain pengembangan karakter, semua mahasiswa unusa harus bisa berpikir kritis yang bertujuan untuk menguji suatu pendapat atau ide, termasuk di dalamnya melakukan pertimbangan atau pemikiran yang didasarkan pada pendapat yang diajukan. pertimbangan pertimbangan tersebut biasanya didukung oleh kriteria yang dapat dipertanggungjawabkan.

di unusa ini juga tidak hanya ada pertukaran pelajar, tetapi unusa juga ikut berpartisipasi dalam indonesia mengajar, dan riset. tetapi mungkin dalam hal fleksibelitas memang tidak semuanya bisa fleksibel. 

LSP/ lembaga sertifikasi prodi berdiri sejak tahun 2019, di universitas unusa ini tidak hanya mendapatkan ijazah tetapi juga bisa melanjutkan pendidikan profesi. untuk pendidikan profesi ini seluruh mahasiswa unusa bisa mengikuti setidaknya satu profesi. 

dengan kemampuan integrasi diharapkan dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas tinggi, yaitu pendidikan yang memberikan bekal ilmu pengetahuan. berdasarkan penjelasan tersebut integrasi adalah penyatuan dari keseluruhan unsur unsur yang berbeda menjadi kesatuan yang utuh. 

Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya menerapkan program merdeka belajar kampus merdeka. dalam program ini unusa akan menerapkan konsep mayor dan minor. program ini akan diberlakukan di Fakultas Ekonomi Bisnis Teknologi Digital dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unusa.

Wakil Rektor I Unusa, Prof. Kacung Marijan PhD menjelaskan, dengan adanya program mahasiswa bisa mengikuti atau mengambil mata kuliah yang ada di program studi lain.


link teman saya : https://blogstharyantin.blogspot.com/2023/09/resume-materi-implementasi-unusa-dalam.html

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MENGENAI SDGs

My Holiday

ARTIKEL MENGENAI PERAN DATA KEPENDUDUKAN BAGI MASALAH KESEHATAN TERTENTU